Untuk memperoleh batasan pengertian tentang pemasaran maka dikemukakan
pendapat dari beberapa pengertian berikut :
Kotler (1985 : 15), mengemukakan bahwa pengertian pemasaran adalah suatu
kegiatan yang dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan manusia
melalui proses pertukaran.
Marwan (1991 : 15), menjelaskan bahwa pemasaran adalah usaha yang
terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan
kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang
menghasilkan laba.
Menurut Musrid (1997 : 26), menjelaskan bahwa pemasaran adalah semua
kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang dan
jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
Menurut Kotler (2002 : 34), pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu
yang bernilai satu sama lain.
Dengan demikian maka dapatlah dikatakan bahwa segala tindakan yang
berhubungan dengan pendapatan harga, kebijakan distribusi, kegiatan
promosi, dan kegiatan menjual produk pada konsumen yang merupakan elemen
dalam pemasaran.
Philip Kotler (1993 : 3), konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk
mencapai tujuan organisasi adalah penentuan kebutuhan dan keinginan
pasar sasaran dan pada pemberian keputusan yang diinginkan dengan lebih
efektif dari pada pesaing.
Dengan demikian maka konsep pemasaran mencangkup pola dasar berorientasi
pada pelanggang. Pasar yang terkoordinir ditujukan untuk memperoleh
profit dalam memuaskan konsumen. Konsep pemasaran merupakan langkah
sangat maju dalam kegiatan pemasaran untuk memberikan perhatian serta
kepuasan konsumen. Hal ini merupakan falsafah bisnis bagi kelangsungan
hidup perusahaan dalam memenuhi syarat pemenuhan kebutuhan konsumen.
Menurut Basu Swastha (2000 : 17), konsep pemasaran adalah falsafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasaan kebutuhan konsumen merupakan
syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Dapat diketahui bahwa defenisi di atas, dalam kegiatan pemasaran
terdapat dua pihak yang saling membutuhkan dan saling melayani antara
satu sama lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan. Kedua macam
tersebut dipertemukan dengan cara mengadakan pertukaran. (Kotler (1984 :
7) mengemukakan lima syarat sehingga pertukaran dapat terjadi adalah
sebagai berikut :
1. Harus terdapat dua belah pihak.
2. Masing-masing pihak mempunyai sesuatu yang mungkin berharga bagi
pihak lain.
3. Masing-masing pihak mampu mengkomunikasikan dan melepaskannya.
4. Masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak tawaran dari
pihak lain.
5. Masing-masing pihak berpendapat bahwa melakukan pertukaran dengan
pihak lain itu tepat dan perlu.
Pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok mendapat apa
yang mereka butuhkan dan inginkan menciptakan dan mempertukarkan produk
dan nilai dengan individu atau kelompok lainnya. Konsep pemasaran
mengandung arti semua kegiatan manusia yang berlangsung dalam hubungan
dengan pasar.
Pemasaran berarti bekerja untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan
maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Defenisi pemasaran
adalah semua kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan
dan keinginannya melalui proses pertukaran, proses pertukaran melibatkan
kerja penjual yang harus mencari pembeli, menemukan dan memenuhi
kebutuhan mereka, merancang produk yang tepat dan menentukan harga yang
tepat. Pemasaran adalah seorang karyawan yang terlibat dalam kegiatan
pemasaran yaitu mencari informasi, menganalisis, merencanakan
melaksanakan dan mengevaluasi secara terus menerus kegiatan tersebut.
Berikut ini penulis pengutip defenisi marketing oleh Alex S. Nitisetimo
(1990 : 77) mengemukakan bahwa marketing adalah semua kegiatan
efektivitas untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke
konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan
permintaan produsen.
Dengan memperhatikan defenisi tersebut, maka dapat diketahui bahwa
kegiatan marketing itu adalah semua kegiatan yang turut memperlancar
pemindahan barang sampai ke konsumen.
No comments:
Post a Comment